Flange merupakan suatu komponen yang digunakan untuk menggabungkan antara dua element pipa dengan valve atau pipa dengan equipment lainnya menjadi satu kesatuan yang utuh dengan menggunakan baut sebagai perekatnya. Agar nantinya kedua benda yang saling terpisah tersebut dapat menjadi satu bagian untuk tujuan tertentu. Biasanya flange ini digunakan untuk menyatukan dan menjadi satu sambungan yang paten. 
Jadi dengan flange ini usaha untuk menyambungkan 2 part menjadi satu akan menjadi lebih mudah. Terutama untuk pipa gas bertekanan tinggi ataupun untuk sistem penyaluran air membutuhkan pipa yang panjang. Maka alat inilah yang memiliki tanggung jawab untuk menyatukan bagian tersebut.
Jenis Flange berdasarkan Class
Flange atau nama lainnya forging (untuk jenis yang self reinforcement), bisa menjadi beberapa jenis bila dilihat dari classnya. Yaitu flange class 150#, 300#, 600#, 900#, 1500#, 2500# bahkan sampai 5000#. Flange jenis ini dibagi karena flange tersebut bekerja dalam pressure (tekanan) yang berbeda sesuai dengan classnya, class flange tersebut dalam satuan pound.
Jenis flange berdasarkan ukurannya (NPS)
Flange juga dapat dibagi menurut ukuran pipanya. Jadi antara satu pipa dengan pipa lainya yang ukurannya berbeda, jenis flangenya pun berbeda. Ukuran dalam pipa biasa dikenal dengan istilah NPS. NPS adalah kependekan dari nominal pipe size, yaitu suatu ukuran nominal yang digunakan untuk membedakan pipa.
Kembali mengenai flange, pembagian jenis flange berdasarkan NPS ini kita akan mengenal ukuran ½”, ¾”, 1”, 2” … 10”, 12”… 24” dan seterusnya, mengikuti ukuran dari pipa yang akan di pasangkan flange. Pembagian jenis flange ini sebenarnya cukup mudah untuk dipahami.
Pertanyaan selanjutnya, jika flange di bedakan berdasarkan NPSnya, apakah flange dibedakan juga melalui schedule nya seperti halnya pipa? Ternyata tidak, hanya flange jenis weldneck yang memiliki schedule.

Pembahasan mengenai apa itu jenis flange berdasarkan ANSI


1. Flange tipe Weldneck
flange jenis weldneck
Pembahasan dengan fokus bahasan apa itu flange akan di perluas dengan membahas beberapa tipe atau jenis dari flange itu sendiri. Flange yang pertama memiliki nama flange tipe weldneck di namakan demikian karena bentuk dari flange ini seperti memiliki leher yang mengerucut dan mengecil pada ujungnya. 
Dengan tujuan ujung yang kecil tersebut dapat mengakomodasi pipa atau selang yang lebih kecil sehingga dapat di gunakan untuk mempermudah nantinya. Kebanyakan flange tipe ini di gunakan untuk pipa gas bertekanan tinggi.
2. Flange tipe Threaded
jenis flange threaded
Pembahasan flange jenis selanjutnya adalah flange tipe Threaded, sekilas benda yang satu ini lebih mirip dengan gasket. Akan tetapi sebenarnya jenis ini merupakan flange dengan tipe ulir yang di gunakan untuk menyatukan beberapa bagian menjadi satu. Secara umum bisa di katakan alat ini merupakan penyambung pipa. 
Kebanyakan jenis yang di sambungkan dengan alat yang satu ini merupakan pipa gas dengan tekanan tinggi. Tentunya untuk jenis pipa ini terbuat dari bahan dengan ketebalan tinggi sehingga alat ini sangat bermanfaat untuk menggabungkan beberapa bagian dari pipa tersebut nantinya.
3. Flange Tipe Slip-on dan Lap Joint
jenis flange slip on dan lap joint
Pembahasan selanjutnya jenis Flange Tipe slip-on dan lap joint. Pada jenis ini antara slip-on dan lap joint jika di lihat sekilas keduanya memiliki kemiripan serta fungsi dari kedua jenis ini sama. Yaitu menggabungkan dengan pipa utama agar tahan dan tidak menimbulkan celah antara sambungan pipa satu dengan yang lainnya. 
Mengingat jika terjadi celah atau kebocoran hal tersebut akan sangat merugikan baik dampaknya terhadap alam maupun para pekerja yang memperbaiki pipa ini nantinya.
4. Flange Tipe Soket
jenis flange socket
Soket flange, jenis flange ini mirip dengan slip-on, hanya saja pada sisi terluar dari flange terdapat tahanan yang menyebabkan pipa yang dimasukan ke dalamnya tidak tembus.
5. Reducing Flange
Reducing flange, jenis flange yang satu ini memiliki fungsi untuk mengabungkan pipa yang memiliki diameter berbeda.
6. Blind Flange
jenis flange blind
Untuk blind flange ini merupakan bagian akhir dari jenis sambungan pada pipa. Disebut blind flange karena posisi dari flange yang satu ini adalah penghalang terakhir dari pipa. Jadi bagian ini digunakan untuk bloking aliran fluida bisa di katakan saluran terakhir pada bagian ini merupakan bagian yang cukup rentan. 
Karena bagian ini akan menerima tekanan yang cukup tinggi dari dari posisi awal pipa berasal atau bisa dikatakan merupakan penahan terakhir.
Pembahasan mengenai apa itu flange dengan berdasarkan Class, NPS dan ANSI dari flange tersebut telah di jelaskan juga fungsi masing-masing pada komponen sistem pipa tersebut. Tentunya pada masing-masing flange yang di sebutkan di atas memiliki kekuatan dan fungsinya masing-masing. 
Mengingat nantinya setiap flange ini mengisi atau menempati berapa bagian yang memiliki resiko yang berbeda dengan lainnya. Jadi tidak perlu heran ketika anda mendapati beberapa jenis flange terbuat dari komposisi bahan yang berbeda beda. Semoga beberapa penjelasan yang di berikan di atas bermanfaat untuk rekomendasi anda.